“Pembelajaran Remidi Tutorial Teman Sebaya sebagai Solusi dalam Pencapaian Ketuntasan Belajar Siswa dan Pengembangan Kecakapan Hidup Abad-21 untuk Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Talun Tahun Pelajaran 2018/2019”

Disusun untuk Pengembangan Pembelajaran Dan mengikuti Lomba Guru Berprestasi Tingkat Provinsi

DISUSUN OLEH :
NAMA : IKE SULISTYANINGSIH, M.Pd
N I P : 19731004200604 2 015
NUPTK : 7742751653300012
JABATAN : GURU
UNIT KERJA : SMAN 1 TALUN

ABSTRAK
Sulistyaningsih, Ike. 2019. Pembelajaran Remidi Tutorial Teman Sebaya sebagai Solusi dalam Pencapaian Ketuntasan Belajar Siswa dan Pengembangan Kecakapan Hidup Abad-21 untuk siswa kelas XI SMA Negeri 1 Talun Tahun Pelajaran 2018/2019.

Pembelajaran merupakan usaha sadar dari guru untuk membuat peserta didik belajar, yaitu terjadinya perubahan tingkah laku pada diri peserta didik yang belajar. Proses pembelajaran diawali dengan Perencanaan, dilanjutkan dengan Pelaksanaan dan diakhiri dengan Penilaian/Evaluasi. Penilaian/Evaluasi merupakan suatu proses yang sistematis untuk menentukan atau membuat keputusan sampai sejauh mana tujuan – tujuan pembelajaran dicapai oleh siswa. Dari proses penilaian/evaluasi akan muncul skor yang akan menunjukkan tingkat keberhasilan peserta didik yang didasarkan pada Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Selanjutnya ketuntasan peserta didik dianalisis untuk mengetahui tingkat ketercapaian KKM yang telah ditetapkan. Hasil analisis ditindaklanjuti dengan memberikan perbaikan (remedial) bagi peserta didik yang belum tuntas dan pengayaan (enrichment) bagi yang sudah tuntas. Kondisi ideal
pelaksanaan remidial dan pengayaan yang dijelaskan di atas belum bisa dilaksanakann secara maksimal di kelas. Ketika kita melihat kondisi generasi milenial dengan segala permasalahannya antara lain degradasi moral karena dampak dari pesatnya teknologi informasi, penerapan tutor teman sebaya dalam melaksanakan remidial dan pengayaan diharapkan bisa membekali peserta didik dengan karakter-karakter positif melalui Kecakapan Abad-21 antara lain dengan mengintegrasikan Penguatan Pendidikan
Karakter (PPK), Kemampuan 4 C (Communication, Collaboration and Critical Thinking and problem Solving, Creativity and Innovation) dan Literasi dalam menyongsong Revolusi Industri 4.0 dan generasi Emas 2045. Dengan menganalisis hasil yang dicapai pada kegiatan best practice ini dapat ditarik kesimpulan bahwa
pembelajaran remidi tutorial teman sebaya dapat menjadi solusi dalam pencapaian ketuntasan belajar siswa yang mengikuti proses pembelajaran remidi dan pengembangan kecakapan hidup abad-21 untuk peserta didik yang berperan sebagi tutor kelas XI SMA Negeri 1 Talun Tahun Pelajaran 2018/2019.

Kata Kunci: Pembelajaran Remidi, Tutorial Sebaya



Leave a Reply

Your email address will not be published.