Sesuai dengan Peraturan Gubernur Jawa Timur nomor 24 tahun 2021, tanggal 31 Maret 2021 tentang Pedoman Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru pada Sekolah Menengah Atas, Sekolah Menengah Kejuruan , dan Sekolah Luar Biasa di Privinsi Jawa Timur tahun pelajaran 2021 / 2022, Keputusan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Nomor 188.4/2045/101.7.1/2021 tanggal 1 April 2021 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun pelajaran 2021 / 20222 serta Keputusan Kepala SMA Negeri 1 Talun nomor 800/109/101.6.11.5/2021 tanggal 7 April 2021.

SMA Negeri 1 Talun akan membuka kesempatan kepada warga / masyarakat lulusan SMP/MTs yang berminat dan memenuhi syarat untuk menjadi peserta didik baru di lingkungan SMA Negeri 1 Talun, dijelaskan bahwa jalur PPDB tahun 2021 terdiri dari 4 jalur, yaitu :
Jalur Zonasi
Jalur Afirmasi
Jalur Perpindahan Orang Tua
Jalur Prestasi

Jalur Zonasi wajib dibuktikan dengan Kartu Keluarga (KK) yang diterbitkan paling singkat satu tahun sebelum tanggal pendaftaran PPDB. Kuota minimal jalur zonasi adalah 50% dari daya tampung. Apabila kuota jalur lainnya tidak terisi penuh, maka sisanya akan ditambahkan ke jalur zonasi.

Jalur Afirmasi diperuntukkan bagi Calon peserta didik yang berasal dari keluarga tidak mampu, dibuktikan dengan bukti keikutsertaan calon peserta didik dalam program penanganan keluarga tidak mampu dari pemerintah atau pemerintah daerah (PKH, KIP, Kartu Miskin dan lainnya). Kuota jalur afirmasi sebesar paling sedikit 15% dari daya tampung.

Jalur Perpindahan Orang Tua diperuntukkan Jalur Perpindahan Orang Tua diperuntukkan bagi calon peserta didik yang orang tuanya dipindahtugaskan oleh instansi / lembaga / kantor yang mempekerjakan orang tua, Anak Guru/Tenaga Kependidikan, dan Anak Tenaga Kesehatan. Dibuktikan dengan surat penugasan dari instansi / lembaga / kantor yang mempekerjakan orang tua. Kuota jalur ini seberar 5% dari daya tampung.

Jalur Prestasi diperuntukkan bagi siswa yang berprestasi. Ditentukan berdasarkan hasil penjumlahan nilai rapor, hasil perlombaan, penghargaan bidang akademik maupun non-akademik pada tingkat internasional, nasional, provinsi, dan tingkat kabupaten/kota. Bukti prestasi diterbitkan paling singkat 6 bulan dan paling lama 3 tahun sejak tanggal pendaftaran. Peserta didik yang mendaftar jalur prestasi merupakan peserta didik yang berdomisili di dalam dan di luar wilayah zonasi SMA Negeri 1 Talun. Kuota jalur prestasi sebesar 30% dari daya tampung.

KUNJUNGI WEBSITE PUSAT LAYANAN INFORMASI
PPDB SMANTA TAHUN 2021

Di alamat website www.ppdb.sman1talun.sch.id

Jadwal pelaksanaan PPDB SMA Negeri 1 Talun tahun pelajaran 2021 / 2022