Apa yang berbeda dengan purnawiyata SMAN 1 Talun di tahun ini? Yang berbeda dari kegiatan purnawiyata tahun ini dengan tahun lalu ada banyak aspek nih. Salah satunya, tempat diselenggarakannya purnawiyata yang berada di Kampung Coklat, Kecamatan Kademangan, Kabupaten Blitar. Wahh… purnawiyata kali ini adalah purnawiyata pertama yang dilaksanakan di luar kawasan SMA Negeri 1 Talun. Biar lebih tau tentang kegiatan Purnawiyata 2019 kemarin, yuk baca lebih lanjut. Pada tanggal 16 April 2019 kemarin, SMA Negeri 1 Talun telah melaksanakan kegiatan Purnawiyata 2019 di Kampung Coklat.

Kegiatan tersebut bertemakan “Datang Membawa Cita, Pergi Membawa Citra” yang bertujuan untuk melepas teman-teman kelas XII yang telah berhasil dan rampung untuk melaksanakan pembelajaran di SMAN 1 Talun. Tidak hanya teman-teman kelas XII saja yang diwisuda dalam Purnawiyata 2019, namun ada teman-teman dari kelas XI MIPA 2 yang notabene adalah kelas percepatan. Nah, hal ini juga yang membuat Purnawiyata 2019 berbeda dari purnawiyata tahun lalu, karena SMAN 1 Talun telah berhasil menciptakan lulusan kelas percepatan untuk yang pertama kalinya. Hal ini bisa menjadi sejarah baru dalam dunia pembelajaran di SMAN 1 Talun yang baru saja menggunakan sistem SKS (Sistem Kredit Semester) dan langsung menghasilkan lulusan dari kelas percepatan. Teman-teman kita dari kelas XI MIPA 2 juga banyak yang diterima di Universitas Negeri lewat jalur SNMPTN.

Purnawiyata 2019 dimulai dari pukul 07.00 WIB, yang diawali dengan pra-acara. Setelah pra-acara dilanjutkan oleh prosesi cucuk lampah yang dilaksanakan oleh beberapa tamu undangan, Kepala sekolah, dan segenap WAKA, juga perwakilan dari setiap kelas yang diwisuda. Sesudah prosesi cucuk lampah dilanjutkan dengan sambutan dari Kepala Dinas Pendidikan Kab. Blitar, Kepala Sekolah, komite sekolah, dan perwakilan dari kelas X dan XI, serta perwakilan kelas XII. Ada juga penayangan video dokumenter dari teman-teman kelas XII yang membuat acara menjadi lebih berkesan. Dilanjutkan dengan prosesi wisuda mulai dari kelas XII IBB hingga kelas XI MIPA 2 yang diiringi Hymne SMANTA yang dinyanyikan oleh teman-teman dari SS Paduan Suara, Symphony SMANTA Choir. Bayangkan deh, teman-teman padus menyanyikan Hymne SMANTA sepanjang prosesi wisuda. Wow, hebat sekali teman-teman paduan suara kita yang menyanyikan Hymne SMANTA selama prosesi wisuda tersebut berlangsung. Acara dilanjutkan dengan pemberian beasiswa kepada tujuh siswa terbaik tahun pelajaran 2018/2019. Lalu dilanjutkan dengan janji alumni yang dipimpin salah satu perwakilan dari kelas yang diwisuda. Acara purnawiyata pun berakhir pada pukul 11.45 WIB yang ditutup dengan doa.

Jangan lupa cek video dokumenter purnawiyata tahun ini ya! https://youtu.be/oLasx4oVxkw 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *