Purnawiyata SMA Negeri 1 Talun tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Apabila sebelumnya purnawiyata digelar secara tatap muka, kali ini digelar secara daring / live streaming di YoutUbe dan Zoom.

Panitia Pelaksana menyampaikan bahwa pelaksanaan purnawiyata tahun ini memang digelar secara daring. Hal ini dikarenakan sebagai bentuk kepatuhan SMA Negeri 1 Talun menyesuaikan dengan protokol kesehatan.

Masih menurut Ketua Panitia, bahwa pelaksanaan purnawiyata diagendakan digelar secara online. Hal ini sebagai bentuk antisipasi terjadinya kerumunan yang bisa terjadi dalam pelaksanaan purnawiyata nantinya.

“Pelaksanaan purnawiyata SMA Negeri 1 Talun kita gelar secara Online. Untuk pelaksanaan di gedung AULA Masing masing diikuti oleh satu perwakilan kelas dengan orang tuanya. Hal ini dilakukan agar kita tetap mematuhi protokol kesehatan dan terhindar dari kerumunan” tegasnya.

“Satu sesinya, kita beri waktu maksimal dua jam” imbuhnya

Purnawiyata diawali dengan sambutan panitia kemudian peserta disuguhkan hiburan berupa musik dan tari yang dibawakan oleh siswa-siswi SMA Negeri 1 Talun. Tidak hanya hiburan, siswa siswi SMA Negeri 1 Talun juga menghadirkan film dokumenter karya anak anak kelas XII.

Saat sambutan, Bapak Kepala Sekolah menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu terlaksananya acara purnawiyata. Bapak Gatot Wiyono berharap, agar siswa siswi yang telah dilepaskan memperoleh ilmu manfaat dan bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Pada puncak acara, perwakilan siswa- siswi masing-masing kelas maju ke depan satu persatu. Mereka mengikuti prosesi pelepasan. Kepala Sekolah secara simbolik melepaskan siswa siswi dengan mengalungkan gordon ke leher masing masing siswa. Usai pelepasan itu, mereka kembali ke tempatnya, menandai berakhirnya acara.