PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR
MATA PELAJARAN EKONOMI
SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 1 TALUN
PENELITIAN TINDAKAN KELAS
ABSTRAK
Oleh Yeni Trisnawati, S.Pd., M.M
Trisnawati, Yeni. Penerapan Media Pembelajaran Audio visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X di SMA Negeri 1 Talun. Program Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan. Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon. 2020
Penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi seperti video materi pembelajaran, memberikan kemudahan bagi guru dan siswa dalam kegiatan belajar mengajar, dimana siswa lebih tertarik dalam mempelajari materi, karena adanya kolarobasi antara audio dan visualisasi. Selain itu, siswa bisa belajar mandiri dalam belajar tanpa batas ruang dan waktu dengan memanfaatkan gadget yang dimiliki. Sedangkan guru bisa memaksimalkan perannya sebagai fasilitator dan mengarah pembelajaran pada student centered. Dalam penelitian ini, permasalahan yang dikaji mengenai hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas X IPS di SMA Negeri 1 Talun, yang diajarkan dengan menggunakan media pembelajaran audio visual. Instrumen yang dipakai lembar observasi, catatan lapangan, lembar wawancara, dan tes (pre test dan post test). Data yang diperoleh dari instrumen penelitian dianalisis menggunakan analisis deskriptif dari setiap siklus dengan menggunakan N-Gain untuk melihat perbedaan selisih antara pre test dan post test. Tahapan penelitian yang dilakukan meliputi perencanaan, tindakan, pengamatan/pengumpulan data, dan refleksi. Berdasarkan hasil belajar dari pre test dan post test pada siklus I dan siklus II terjadi peningkatan baik ranah kognitif, afektif, maupun psikomotorik. Dari ranah kognitif, pada siklus I terjadi peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siswa saat pre test yaitu 43,89 meningkat saat post test yaitu 75,83. Pada siklus II dimana proses pembelajaran diperbaiki berdasarkan refleksi di siklus I maka terjadi peningkatan perolehan nilai rata-rata siswa yang signifikan saat pre test 70,56 dan saat post test 93,33. Dengan penerapan media audio visual, materi pelajaran dapat tersampaikan secara efektif dan efisien. Sehingga dalam hal ini terdapat kesesuaian antara kerangka berpikir, hasil penelitian yang relevan dan teori bahwa penerapan media pembelajaran audio visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di kelas X IPS SMA Negeri 1 Talun Blitar.
Kata Kunci : Penelitian Tindakan Kelas, Media Audio Visual, Hasil Belajar.